Translate

Rabu, 08 Maret 2017

3 SEKAWAN

TERIMA KASIH, MAAF, DAN TOLONG

Wah, pasti sudah tidak asing lagi dong dengan kata-kata diatas ? Terlihat sederhana akan tetapi memiliki makna dan kesan tersendiri apabila diucapkan kepada oranglain. Sekarang gue akan membahas tentang tiga kata itu, bro !!

Bagaimana sih cara membangun komunikasi yang baik dengan seseorang ?
Menurut gue sih ya, pertama kita harus membuat kesan baik dulu diawal komunikasi. Kenapa harus membangun kesan yang baik ? Karena seperti iklan produk parfume "Kesan pertama sangat menggoda selanjutnya terserah anda", Ketika mengawali percakapan dengan orang yang baru pertama kali kita jumpai, kesan pertama orang lain terhadap kita sangatlah menentukan jalannya komunikasi yang akan kita lakukan berikutnya.
TERIMA KASIH, MAAF, dan TOLONG ketiga kata tersebut biasa membantu gue untuk membangun kesan pertama yang baik kebeberapa orang-orang baru. Orang itu paling seneng kalau dihargai bro, menghargai gak perlu mahal kok cukup biasain memakai ketiga kata tersebut. contoh nyata nih bro, gue pernah dapet tugas lapangan dan menemui seorang informan, biasanya kata yang pertama kali gue ucap adalah MAAF kemudian dilanjutkan dengan PERMISI,
1. Maaf permisi bapak/ ibu.............
jangan lupa untuk memperkenalkan diri, menjelaskan secara jelas dan sederhana terkait apa yang kita butuhkan dan terakhir jangan lupa bilang TERIMA KASIH.
2. Terima kasih pak/ibu........
cara lain membangun kesan yang baik tuh, sekali lagi tetap harus MENGHARGAI sesama bro. apalagi kalau sudah jadi atasan atau pimpinan. bawahan atau orang yang kita pimpin itu juga pengen dihargai bro, bagaimana cara nya ? simpel aja kok, ketika kita membutuhkan bantuan jangan pernah lupa untuk bilang kata "TOLONG", kenapa harus bilang "TOLONG" karena orang ingin dihargai. ketika kita sedang menyuruh atau memerintahkan untuk melakukan sesuatu kan lebih enak didengar juga kalau kita bilang TOLONG terlebih dahulu dan orang lain pun akan merasa dihargai.

menurut gue nih ya, tiga kata diatas nih yang bakal punah duluan. kenapa ? gue gak tau ya pastinya gimana, entah guenya yang kurang gaul apa kurang lama maennya tapi bener deh sekarang tuh banyak banget yang kalau minta bantuan tuh langsung aja gitu bilang apa yang dia butuhin semisal, eh bro ambilin sepatu gue dong. ebuset.. gue mah ogah dah !! nih orang minta tolong apa nyuruh. udah gtu pas udah diambilin gak bilang terima kasih sama sekali, udah aja ini mah. STOP UNTUK BANTU ORANG LAIN !!! eits, jangan artikan yang aneh-aneh ya, membantu sesama itu harus loh. stop disini maksudnya, stop bantu dia untuk tidak membentuk kebiasaan yang buruk !!

singkat aja nih, pesan gue mah ya.. ketika ingin meminta bantuan jangan lupa bilang TOLONG, ketika salah jangan malu untuk bilang MAAF ketika menerima sesuatu jangan lupa bilang TERIMA KASIH.

bye...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar